istilah-istilah dalam permainan DotA   Leave a comment

 

A

Agi atau Agility

Agility Adalah satu dari 3 atribut dalam dota yang menambahkan 1/7 Armor, 1% IAS, dan +1 damage untuk hero agi, hero agi adalah hero yang memiliki primary atribut agility, hero2 ini biasanya memiliki sedikit hp dan damage yang besar di late game.

Animation Cancelling atau AAC

adalah tehnik dalam dota yang menyetop animasi saat hero sedang melakukan serangan, meng-cast spell tanpa menunggu animasi itu selesai.
beberapa tehnik untuk melakukan Animation cancelling adalah :
– Tekan S (Stop) untuk menghentikan animasi
– Menggerakan hero dengan menekan klik kanan ke sembarang tempat
– Memakai item yang membuat hero bergerak
– Menggerakkan hero untuk menyerang saat cast spell
– Menggerakkan hero untuk meng-cast spell lain saat casting spell.

AoE atau Area of Effect

AoE adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan efek radius suatu attack(serangan) atau spell yang memiliki efek area.

Armor

Armor adalah pertahanan pada unit terhadap serangan2 physical
ada 7 tipe armor yaitu : Light, Medium, Heavy, Fortified, Normal. Hero, Unarmoured

Armor Type

Berikut adalah beberapa tipe armor dan besar pengurangannya terhadap tipe attack

Light Med Heavy Fort Norm Hero Unarmoured
Chaos = 1.00 1.00 1.00 0.40 1.00 1.00 1.00
Normal= 1.00 1.50 1.25 0.70 1.00 0.75 1.00
Pierce = 2.00 0.75 1.00 0.35 1.00 0.50 1.50
Siege = 1.00 0.50 1.25 1.50 1.00 0.63 1.30
Hero = 1.00 1.00 1.00 0.50 1.00 1.00 1.00
Spells = 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 0.75 1.00

Armor Value

Cara menghitung Pengurangan damage dari Armor adalah sbb.
pertama lakukan pengurangan sesuai dengan tabel tipe armor, lalu gunakan rumus ini untuk menghitung Damage (armor*0.06) / (1+0.06*armor)
untuk Penambahan damage dari negatif armor adalah : Damage*(2 – 0.94^(-armor))

Arrow Ability

Arrow Ability Adalah skill2 hero yang bisa di Auto-Cast (klik-kanan), bila diaktifkan akan mengubah efek serangan hero dan memberikan damage/men-slow musuh.

Saat dalam auto-cast skill ini dianggap sebagai serangan Normal dan tetap stop apabila di silence.

Beberapa skill Arrow Ability adalah :

Drow Ranger – Frost Arrow : memberikan efek slow
Bone Fletcher – Searing Arrow : damage tambahan ke unit dan building
Sacred Warrior – Burning Spear : damage api terus-menerus
Silencer – Glaive of Wisdom : Bonus damage sesuai intellegence silencer
NetherDrake – Poison Attack : Slow dan damage over time
Enchantress – Impetus : bonus Damage tergantung jarak lawan
Obsidian Destroyer – Arcane Orb : damage tergantung sisa mana

Attack Animation

Attack Animation adalah Animasi hero untuk melakukan serangan, contohnya crystal maiden mengangkat tongkat lalu mengarahkannya ke-target, baru efek serangan keluar, dan kembali ke pose semula

Attack Range

Attack Range adalah jarak dimana hero dapat melakukan serangan, ada 2 jenis attack range yaitu Melee, dan Ranged

Melee : Serangan ini mengharuskan hero mendekati targetnya sebelum menyerang
Ranged : Serangan tipe ini dapat menyerang dari jarak mulai dari 140(lanaya) sampai 770(kardel), memiliki chance untuk miss 25% Saat melakukan tembakan keatas

Attack Speed (AS) dan IAS

Attack speed adalah jumlah serangan yang dapat dilakukan hero per detik, nama lainnya adalah IAS singkatan dari Increased Attack Speed, Semakin banyak attack speed maka akan makin besar damage yang bisa dilakukan per detiknya.

Catatan :

- Tidak seperti Attack Cooldown, Attack speed dihitung dalam N% dimana N adalah besaran IAS-nya
– Setiap agility menambahkan 1% Attack Speed, ada juga yang memberikan attack speed secara langsung spt. Glove of haste, Hyperstone, dan Oblivion Staff
– Bonus Attack Speed stack secara linear
– Attack speed maksimum adalah 400%(4) sedangkan minimum adalah -80%(-0.

Cara Menghitung

Attack Speed Unit per-detiknya dapat dihitung dengan rumus (1+IAS)/(BAT), dimana BAT adalah Base Attack Time, untuk BAT hampir semua hero besarnya 1,7 dengan beberapa pengecualian

* Alchemist di level 1 Chemical Rage – 1.45 seconds
* Alchemist di level 2 Chemical Rage – 1.35 seconds
* Alchemist di level 3 Chemical Rage – 1.20 seconds
* Anti-Mage – 1.45 seconds
* Lone Druid True Form – 1.6 seconds
* Lycanthrope Wolf Form – 1.4 seconds
* Sacred Warrior – 1.6 seconds
* Soul Keeper – 1.5 seconds
* Soul Keeper Metamorphosis – 1.6 seconds
* Troll Warlord Melee Form – 1.55 seconds
* Vengeful Spirit – 1.77 seconds (www.dota-allstars.com)

Attribute

Adalah 3 Stat/Attribute dasar hero
Strength : 1 STR memberikan 19 HP dan 0.03 HP Regen
Agility : 1 AGI memberikan 1/7 Armor dan 1% Attack Speed
Intellegence : 1 INT memberikan 13 mana dan 0.04 Mana Regen

Primary Attribute hero menambahkan 1 Damage Setiap stat itu ditambahkan

Aura

Adalah buff area pasif yang memberikan efek kepada unit, Hero, Creep, pada spesifik AoE. ada Aura Positif dan Aura Negatif

Auto-Cast

Autocast adalah penggunaan skill/spell yang tidak perlu digunakan secara manual. dapat diaktifkan dengan meng-klik kanan suatu spell, spell yang dapat di autocast biasanya ditandai dengan “golden border”, bila diklik kanan maka akan di tandai dengan cahaya yang berputar2 menandai bahwa skill tsb akan di cast oleh komputer. beberapa tipe Autocast adalah sbb.

Attack Modifiers : Spell yang akan mengubah efek serangan bila di autocast
Negative Buffers : Spell yang meninggalkan negative buff pada musuh yang diserang saat diautocast
Positive Buffers : Spell yang akan memasang positive buff pada teman, positive buff akan dipasang saat kita akan melakukan serangan/diserang dan target unit ikut melakukannya juga
Self-Affecting Buffers : Spell ini akan dipakai pada saat khusus, contohnya : Phase-Shift bekerja saat puck akan terkena serangan, Morph pada Morphling akan bekerja terus menerus sampai di non-aktifkan
Summon : Akan dipakai langsung saat bisa dipakai

Auto-Engage

Meng-Auto Engage musuh berarti membiarkan unit untuk memilih target sendiri tanpa menekan attack ke target tsb.

Avatar

Avatar adalah skill yang memberikan efek untuk magic-immune sementara waktu
Skill/Item effect ke unit yang avatar/immune

Magic Immune / Spell Immune

Magic immunity adalah keadaan dimana suatu hero kebal terhadap magic, dan tak dapat ditarget oleh beberapa skill, aura tetap memberikan efek pada unit magic-immune.

Efek magic-immune

Beberapa skill bisa meremove magic-immune , seperti purge dari diffusal blade. tapi ada pengecualian dalam magic-immune yaitu ; unit yg magic immune tetap bisa ditarget dengan skill ultimate.

Contohnya :
Rupture : Unit dengan BKB bila di rupture maka efek akan tetap ada tapi damage tidak ada

Stone Gaze (medusa) : Unit dengan BKB akan tetap kena efek dan juga efek slownya

Omnislash : Unit kena damage Omnislash (Omnislash tipe damage Physical) dan oleh sebab itu Karena Avatar hanya anti tehdp magic damage unit tetap terkena efek omni

Freezing Field : Unit tidak terkena Damage karena Frost Nova tipe damage magical. Dan juga tidak terkena slow karena yg di cast adalah bukan dari Rylai melainkan komputer (dummy unit)

Laguna Blade/Finger : Unit tetap bisa ditarget dan ada visual efek petir tapi tidak terkena damage

Overgrowth : Unit dengan BKB tetap terkena efek Entangling Roots dan tidak bergerak. tetapi tidak terkena damagenya

Ampilfy Damage : Efek Faerie Fire tetap mengenai target BKB

Mungkin bila dijelaskan satu2 ngga selesai2 nantinya mudah2an cukup membantu

B

Backdoor atau BD

Adalah taktik untuk menyerang bangunan, barrack, atau tower musuh tanpa creep, banyak orang beranggapan BD adalah tidak adil, dan terkadang dilarang di beberapa turnamen atau liga.
Beberapa Hero yang cocok untuk BD adalah : Clinkz, Naga Siren, Terrorblade

Bash

Bash adalah Efek pasif yang memberikan chance untuk melakukan stun dan mendapat bonus damage.

Ranged Bash : Physical damage
Melee Bash : Magical damage
Illusion Bash : Apabila ilusi melakukan bash maka target akan terkena fake bash dimana animasi stun tetap ada tapi tidak ada damage, akan tetapi apabila unit yang terkena fake bash mendapatkan real bash maka real bash akan memperpanjang waktu fake bash dan tidak memberikan damage apapun. dan jika unit terkena fake bash setelah real bash maka fake bash akan memperpanjang real bash dan ada damagenya.

Stacking Bash : cara menghitung bash adalah 1 – ((1 – A)*(1 – B)*(1 – C))

Blink

Adalah skill untuk berpindah dari satu tempat ke tempat terdekat lain secara cepat, blink juga ada pada skill Furion dengan 3 detik casting time

Catatan :

- Blink memiliki jarak minimum dan maksimum, bila dibawah minimum akan ada error message, bila diluar maksimum maka Kamu hanya akan blink ke 4/5 jarak dari titik yang kamu klik.
– Blink memberikan efek pada target yang kita tuju, dengan memencet S maka animasi akan tetap ada tapi kita tidak berpindah (furion)
– Blink dapat digunakan untuk menghindari beberapa missile bertarget (hellfire storm/magic missile)

C

Carry

Carry adalah istilah yang digunakan didalam dota untuk menunjuk pada hero yang berbahaya di game2 yang berlangsung lama, Carry Heroes dapat melawan satu team full dengan item yang tepat, pada early game mereka hanya perlu farm, hero carry membutuhkan hero tipe support untuk mempercepat proses item mereka

Casting Animation

Seperti attack animation, saat menggunakanspell hero akan melakukan animasi beberapa tahap sebelum akhirnya bergerak semula lagi

Casting Range

Adalah jarak yang dibutuhkan hero untuk menggunakan spell ke target

Casting Time

Adalah waktu yang diperlukan suatu hero untuk menggunakan suatu skill sebelum skill tsb. benar2 memberikan efeknya, apabila hero di stun saat proses maka casting spell akan gagal, mana tidak berkurang, dan skill tidak cooldown

Channeling

Adalah prosedur dimana hero harus tetap dalam posisi channeling untuk melakukan spellnya, karena itu hero channeling sangat rentan dengan interupting spell, bila diiterrupt maka channeling akan berhenti

Chaos (damage type)

Chaos damage menyerang full damage (100%) ke semua tipe armor, kecuali bangunan (40%)

Cleaving Attack

Cleaving attack adalah pasif ability yang memberikan damage ke unit disekitar target utama

Catatan :

- Tipe damage Cleave adalah pure, dihitung langsung dari unit yang menyerang dan target utama
– Ranged Hero tidak bisa melakukan cleave
– Cleave tidak memberikan efek Full terhadap orb effect, Membeli EoS takkan menyebabkan unit di area cleave terkena frost (efeknya hanya kena ke target utama)
– Unit di AoE cleave tidak bisa menghindari efek cleave, apabila target utama menghindar maka tidak akan terjadi cleave.
– Cleave stack dengan berapapun item cleaving atau skill cleaving yang dimiliki

Cooldown

Cooldown adalah waktu yang diperlukan suatu unit untuk dapat menggunakan spell itu lagi

Corruption

Adalah Negatif Buff pasif yang dapat mengurangi armor target yang diserangnya, Orb Effect dari Item Stygian Desolator

Creep

Creep adalah Computer-Controlled unit yang ada di Sentinel/Scourge/hutan.
Creep juga bisa di katakan sebagai verb, dengan arti hunting-creeps
Creep spawn(muncul) tiap 30 detik, apabila barrack dihancurkan maka creep akan lebih kuat, apabila 6 barak dihancurkan maka akan menjadi Mega Creep

Critical Strike

Critical Strike adalah skill pasif yang memberikan bonus damage yang berasal dari perkalian damage hero/unit, saat critical strike keluar maka akan muncul angka merah dimana itu adalah besarnya damage critical.

Catatan

- Damage critical untuk Block Damage (Vanguard, kraken, Return, BM,dll) adalah damage sebelum mendapat Critical dan sebelum dikurangi armor target.
– Critical bisa Lifesteal dan Cleave
– Angka merah adalah damage sebelum armor reduction
– Critical Strike dari ranged units akan di block oleh linken sphere

Stacking
Damage dari Critical tidak bisa stack, tapi chancenya bisa dengan rumus sama dengan bash.

Cyclone

Cyclone adalah skill yang apabila di cast ke hero musuh akan memberikan efek terbang ke udara, dalam posisi ini target tidak dapat melakukan apa-apa dan invulnerable
Catatan : Hero dalam posisi ini tetap bisa di Meat Hook

D

Damage

Damage adalah aspek paling penting dalam DotA, damage adalah jumlah hp yang dapat dikurangi oleh unit/hero dengan menyerang atau menggunakan spell ke target
Damage bisa di tambah dengan persentase ataupun langsung, apabila dengan persentase maka damage yang diambil adalah damage base dan bonus dari prim attribut

Damage Over Time atau DOT

Damage over time atau DOT adalah damage yang terjadi selama beberapa interval, biasanya unit yang terkena akan mendapat BUFF dari DOT itu. (Contoh : Shadow Strike, Burning Spear, Poison Nova, Viper Strike, Battle Hunger, dll)

Damage Per Second atau DPS

Damage per second atau DPS adalah damage yang bisa dilakukan hero per satuan second (detik), dengan D/T=X
D = Damage
T = Waktu (sec)
X = DPS

Deny

Deny adalah membunuh creep teman yang memiliki sedikit sisa hp (50% or below). Denied Creep akan memberikan 66% exp ke melee heroes dan 33% ke ranged heroes. Tower juga dapat di deny untuk menghindari musuh mendapat banyak gold, tower dapat di deny dengan 10% HP.
Hero yang terkena efek DOT dapat di deny saat hpnya 25%

Disable

Disable adalah efek skill yang membuat hero untuk sementara waktu tidak dapat menyerang, cast spell, atau bergerak, beberapa tipe Disable seperti Stun, Ensnare, Silence, Shackles, Hex

Dodge

Dodge adalah menghindari/ngeblock attack/damage, tidak mendapat damage sama sekali dari serangan, Dodge terdiri dari beberapa Variable yaitu Evasion, Miss, Terrain Advantage dan PsuedoEvasion

Cara penghitungan Dodge adalah sbb.

Code:

P = 1 – (1 – E) * (1 – M) * (1 – T1) * (1 – T2)

Dimana :
P = Kemungkinan Dodge
E = Evasion
M = Kemungkinan Miss lawan
T1 = Terrain Advantage (25%)
T2 = Psuedo-evasion

Evasion : Evasion adalah kemampuan suatu hero untuk menghindari suatu serangan. Contoh, Blur, Mortred, talisman,dll
Miss : Miss adalah kemungkinan suatu hero untuk gagal dalam serangannya, untuk menghitung total miss gunakan 1 – (1 – A)*(1 – B)*(1 – C), contoh Blind- Troll
Terrain Advantage : adalah tipe dodge ke 3 yang hanya berlaku pada ranged hero yang menyerang ke terrain lebih tinggi (besarnya tetap 25%)
Psuedo-evasion : adalah skill ngeblock yang mengheal target setelah terkena damage Contoh Backtrack- Darkterror

Double Damage Rune

Menambahkan 100% damage yang berasal dari Base damage dan bonus dari primary attribute selama 45 detik.

E

Early Game

Adalah Waktu dimana game masih di awal2, Gold dan Level masih sedikit

EHP atau Effective Hit Points

EHP atau Effective Hit Points adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya damage yang dapat diterima unit setelah ditambahkan dengan semua jenis damage reduction. besarnya EHP tergantung pada HP dan Armor target
dimana rumus EHP adalah EHP = HP*(1 + (0.06*A)
dimana A adalah armor, 1 armor akan menambahkan 6% dari hp ke ehp

Ensnare

Ensnare adalah skill aktif yang menjebak suatu unit untuk tetap ditempatnya

Catatan :

- Unit yang di ensnare tidak dapat blink, tapi jika bisa (misalnya Leap), maka unit akan berhenti di tempat unit tersebut pindah
– Ensnare akan menghentikan spell yang sedang di channel atau cast tetapi unit yang ter-ensnare tetap bisa melakukan cast atau channel di dalam posisi ensnare
– Ensnare bisa menarget Magic Immune dan Unit yang terbang.

Entangle

Entangle adalah skill aktif yang bekerja untuk menghentikan pergerakan musuh dan membuat musuh tak dapat bergerak.

Catatan :
– Entangling Roots menghasilkan magical damage, tapi bisa mengikat unit Magic immune. Unit yang terkena entangle bisa melepas ‘ikatannya’ dengan menggunakan skill magic immunenya.
– Unit yang terkena entangling tetap bisa menggunakan spell. Tidak bisa melakukan blink, kecuali Blink strike.
– Channeling spell atau Casting spell akan digagalkan saat terkena entangle
– Entangle menghentikan pergerakan dan blink, apabila unit bisa bergerak dengan suatu skill, maka unit akan berhenti ditempat perhentian skill tsb

Exp atau Experience

Exp atau experience adalah faktor penting dalam DotA, Mendapatkannya akan membuat hero naik level dan menjadi lebih kuat.

Catatan :
– Exp akan diberikan dari unit yang mati ke Hero yang ada di 1000 AoE dimana unit itu mati.
– Exp di-share dan dibagi2 ke semua hero dalam jarak 1000 AoE
– Dengan Bloodstone kamu akan mendapatkan Exp di tempatmu terakhir mati
– unit persuade chen memberikan Exp normal, Enchant dan Dominator akan dikurangi.
– Ward tidak memberikan Exp
– Bangunan memberikan 25 Exp, Fountain tidak
– Unit yang di deny akan memberikan 36/n Melee hero dan 18/n Range hero dimana n adalah jumlah unit disekitar 1000 AoE
– Unit yang di deny dengan death pact, dark ritual, conversion tidak memberikan exp sama sekali

F

Farm

Farm adalah membunuh creep dan neutral dengan tujuan mendapat gold dan level dengan cepat
Tehnik sangat berguna dalam Farming adalah Last Hit, Dimana Hero menunggu Creep sampai darahnya sedikit dan menyerang disaat serangan terakhir.
Farm juga lebih cepat dengan skill AoE, Cleave, dan Radiance

Feedback

Feedback adalah skill pasif yang mengurangi mana musuh dan men-damage sebesar mana yang dikurangi tsb.

Catatan :
– Orb Effect
– Feedback dari diffusal blade men-damage sebesar 1 poin per mana yang hilang, akan tetapi Mana burn dari Magina dan Necronomicon mendamage sebesar 0.6 per mana yang hilang, tipe damage physical.

Fog of War (FoW)

The Fog of War adalah analogi untuk fog/kabut/tempat gelap yang ada dimap yang tidak terjangkau oleh sight range dari unit teman.

Fountain

Fountain adalah bangunan paling penting didalam DotA yang memberikan regenerasi sangat tinggi, dan menyerang unit musuh yang mendekat ke fountain

Stats
– 50000 HP
– 800 Attack Range
– 190 – 199 Chaos Damage
– 0 Fortified Armor
– Memberikan 4% Hp/s dan 4% +7 Mana/s regeneration
– 0.15 BAT

G

Gank, Gangbang, Ganking (Ngebokong )

Gank adalah melakukan serangan secara beramai2 dan tiba2, biasa dilakukan saat Early-Mid Game dengan beberapa tujuan :
– Memperlambat proses hero carry musuh
– Mendapat gold dan exp
– Ganking hero yang sendirian untuk push lane setelahnya

Gold

Gold adalah mata uang didota, digunakan untuk membeli barang2 yang berguna dalam game, hero carry membutuhkan banyak gold untuk item mereka sedangkan hero support seperti Jakiro tidak terlalu membutuhkan item dan high-level player biasanya membeli Ward untuk support

Starting Gold
-Saat game dimulai tiap tim mendapat 4265 gold dan dibagi menurut jumlah player
– Memilih hero akan mengurangi gold sebesar 250 gold, -random tidak
– me-repick akan mengurangi 150 gold, dan pada -ar ato -tr mengurangi 400 gold

Gaining Gold
– Gold bertambah 1/0.875
– Membunuh Creep/Neutral
– Membunuh Hero
– First Blood (200 Gold)
– Last hit Building/tower
– Saat tower dihancurkan tim 200/240/280/320
– Tim Membunuh Roshan akan memberikan 200 gold
– Menjual Resep akan mendapatkan 3/4 dari harga
– Dengan Menggunakan beberapa skill (Eg : Midas, Devour, Track, Goblin’s Greed

Losing Gold
– Unit yang membunuh mendapatkan 200 + 5 * Lvl + 50 * (Streak – 2) gold
– Gold yang hilang saat mati = 30 * |Hero level|
– Harga untuk membeli hero yang mati (buy Back) = 150 + 50*Lvl

  

 

About these ads

Posted Maret 23, 2012 by katakatakita in game

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: